Tom and Jerry Wiki
Advertisement
Blue Cat Blues
Blue Cat Blues.png
Tanggal rilis: 16 November 1956 (AS)
Informasi umum
Diarahkan oleh: William Hanna
Joseph Barbera
Musik oleh: Scott Bradley
Animasi oleh: Kenneth Muse
Ed Barge
Irven Spence
Lewis Marshall
Ditulis oleh: William Hanna
Joseph Barbera
Petunjuk episode
Sebelumnya
"Down Beat Bear"
Selanjutnya
"Barbecue Brawl"

Blue Cat Blues adalah salah satu episode animasi pendek Tom and Jerry yang ke-103, dibuat pada tahun 1956, disutradarai dan diproduksi oleh William Hanna dan Joseph Barbera dengan musik oleh Scott Bradley. Kartun ini dianimasikan oleh Ed Barge, Irven Spence, Lewis Marshall, dan Kenneth Muse, dengan layout oleh Richard Bickenbach dan latar belakang oleh Robert Gentle.

Tidak seperti biasanya untuk film pendek Tom and Jerry, Jerry "berbicara", menceritakan kisah dengan suara melalui Paul Frees. Karena Jerry meriwayatkan melalui monolog batin, pendeknya itu tidak melanggar "aturan utama" tentang tidak membiarkan Tom dan Jerry berbicara secara fisik di layar. Juga, tidak biasa untuk kartun Tom and Jerry, sementara yang lain memiliki alur cerita yang lucu, episode yang ini justru memiliki alur yang tragis. Karena hal ini, Tom dan Jerry kemudian akhirnya bunuh diri sehingga kartun ini jarang terlihat di televisi Amerika, meskipun pernah ditayangkan sekali di TNT pada awal 1990-an dan membuat putaran pada saluran afiliasi lokal. Namun, tayangan pendek tersebut hanya ditayangkan sekali di Cartoon Network Asia Tenggara pada November 2010. Pada Maret 2014, sangat sedikit tayangan yang diketahui, tetapi telah ditayangkan secara singkat di Cartoon Network di AS. Kartun ini menandai penampilan terakhir Butch dalam kartun Tom and Jerry yang diproduksi sebelum studio kartun MGM ditutup pada tahun 1957. Meskipun Butch akan membuat penampilan lain (bersama dengan kucing gang lainnya, Meathead, Topsy, dan Lightning in the Spike dan Kartun Tyke Scat Cats sebelum penutupan studio. Kartun ini dirilis pada 16 November 1956 oleh Metro-Goldwyn-Mayer.

Advertisement