Tom and Jerry Wiki
Advertisement

Jerry Mouse adalah karakter fiksi dan salah satu dari dua protagonis utama dalam seri film pendek teatrikal kartun Tom and Jerry karya Metro-Goldwyn Mayer. Diciptakan oleh William Hanna dan Joseph Barbera, ia adalah seekor tikus rumah berwarna cokelat, yang pertama kali muncul sebagai tikus tanpa nama dalam film pendek animasi 1940, Puss Gets the Boot. Hanna memberi nama asli mouse itu sebagai "Jinx"[1], sementara Barbera mengklaim tikus itu tidak disebutkan namanya dalam penampilan pertamanya.

Kekuatan dan kemampuan

Kekuatan

Dia diperlihatkan mengambil barang yang lebih besar dari ukurannya dan menggunakannya untuk melawan Tom atau musuh lainnya.

Kemampuan

Jerry tampak sangat cerdik dalam menipu musuh-musuhnya, seperti Tom.

Sejarah

Kartun Tom and Jerry

Nama "Jerry" dipilih oleh animator MGM John Carr, yang mengajukan "Tom and Jerry" sebagai nama potensial untuk duo karakter tersebut setelah distributor penting Loew's Inc. di Texas meminta tindak lanjut dari Puss Gets the Boot. Sementara gagasan tentang duo kucing dan tikus dianggap usang pada tahun 1940-an, Hanna dan Barbera memutuskan untuk memperluas hubungan kucing dan tikus dari yang diharapkan standar. Alih-alih menjadi "korban meringkuk" dari agresi Tom Cat yang cepat marah, Jerry malah senang mengalahkan, dan bahkan menyiksa musuh kucingnya. Hanna dan Barbera menganggap Tom dan Jerry sebagai "musuh terbaik", yang persaingannya menyembunyikan rasa saling menghormati yang tak terucapkan, tetapi dalam Tom dan Jerry 1975, mereka murni berteman atau bersahabat.

Dalam kartun Tom and Jerry kemudian, Jerry memperoleh seekor tikus muda: tikus abu-abu kecil yang disebut "Tuffy" atau "Nibbles" tergantung pada serial kartun, yang ditinggalkan di depan pintu rumah Jerry sebagai bayi terlantar di The Milky Waif tahun 1946. Jerry dan Tuffy juga ditampilkan bersama dalam sub-seri kartun Tom and Jerry yang berlatar di Prancis abad ke-17 yang menampilkan karakter sebagai musketeer. Yang pertama dari film pendek ini, The Two Mouseketeers, memenangkan Academy Award 1951 untuk Subjek Pendek Terbaik: Kartun.

Hanna dan Barbera menjabat sebagai penulis / sutradara kartun Tom and Jerry hingga tahun 1956, ketika mereka juga menjadi produser. Empat belas kartun Tom and Jerry antara 1940 dan 1954 dinominasikan untuk Academy Award untuk Subjek Pendek Terbaik: Kartun, dengan tujuh film pendek memenangkan penghargaan itu. MGM menutup departemen animasinya pada tahun 1957, tetapi kartun Tom and Jerry baru diproduksi oleh Gene Deitch dan kemudian Chuck Jones selama tahun 1960-an. Jerry juga akan muncul dalam produksi Tom and Jerry selanjutnya yang dibuat untuk televisi, serangkaian fitur direct-to-video, dan Tom and Jerry: The Movie, sebuah film teater tahun 1992. Produksi-produksi selanjutnya menghindari banyak kekerasan yang dikenal oleh film pendek 1940-an dan 1950-an, dan di beberapa acara televisi Jerry diberi dasi kupu-kupu merah dan sikap yang lebih ramah.

Tom&Jerry Kids

Pada tahun 1990, versi Jerry ini mengenakan dasi kupu-kupu merah dari seri tahun 70-an, dan memiliki sejumput rambut di kepalanya. Dia sering mengejek Tom (sebagai anak kucing) setiap ada kesempatan. Terkadang, dalam beberapa episode, dia berteman dengan Tom.

Aktor pengisi suara

Jerry seringkali tidak berbicara di sebagian besar inkarnasi Tom dan Jerry, tetapi kadang-kadang, dia memiliki suara.

  • William Hanna: Serial pendek 1943 : The Lonesome Mouse
  • Sara Berner: pengisi suara dan nyanyian di Anchors Aweigh
  • Lillian Randolph (pengisi suara dari Mammy Two Shoes): Serial pendek 1946 : The Milky Waif sebagai Jerry dan Nibbles menyamar sebagai orang kulit hitam untuk menipu Tom (lihat Sensor untuk informasi).
  • Allen Swift: Efek vokal di era Gene Deitch (1961–1962)
  • Mel Blanc: Efek vokal di era Chuck Jones (1963–1967)
  • June Foray: Serial pendek 1965 : Of Feline Bondage, Duel Personality
  • John Stephenson: Tom & Jerry Kids
  • Frank Welker: The Tom and Jerry Comedy Show, Tom & Jerry Kids, Tom and Jerry: The Magic Ring
  • Dana Hill: Tom and Jerry: The Movie
  • Samuel Vincent: Tom and Jerry Tales

Profil

  • Nama: Jerry Mouse (Jerry Tikus dalam Bahasa Indonesia)
  • Gender: Laki-laki/Jantan
  • Spesies: Tikus
  • Keluarga: Tuffy (Anak angkat), Muscles Mouse (Sepupu), Dinky (Keponakan), Uncle Pecos (Paman)
  • Kesukaan: Keju dan kabur dari Tom
  • Ketidaksukaan: Terluka, perbuatannya dibalas
  • Teman: Tom (kadang-kadang/ teman-musuh), tikus lain, Spike, Tyke, Quacker
  • Musuh: Tom (kadang-kadang/ teman-musuh), Butch, Meathead, Lightning, Topsy dan kucing lain.

Referensi

  1. Templat:Cite journal

uara

Advertisement